Demak (28/11/2023) - Dalam sebuah terobosan positif, Duta Layanan bersama Petugas Layanan Rutan Demak telah mengimplementasikan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung.
Dengan senyuman tulus dan sikap yang penuh keramahan, duta layanan dan petugas layanan ini tidak hanya membantu dan menjawab pertanyaan pengunjung, tetapi juga menciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan.
Penggunaan bahasa tubuh yang ramah dan kecerdasan emosional menjadi kunci dalam pendekatan. Mereka secara aktif terlibat dengan pengunjung, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan memberikan solusi dengan kehangatan.
Dalam kegiatan ini Duta Layanan bersama Petugas Layanan juga mensosialisasikan ketentuan terkait Syarat dan tata cara Kunjungan Keluarga dan Penitipan Barang. Tak lupa mereka juga menjelaskan secara detail terkait batasan dan daftar larangan barang dan makanan titipan pengunjung.
Kepala Rutan Demak, Heri Mujiono menjelaskan bahwa tolak ukur kesuksesan dalam memberikan layanan yaitu tingginya kepuasan pengunjung dan kesuksesan itu berasal dari kemauan petugas dalam memberikan layanan yang terbaik.
"Kepuasan pengunjung adalah kunci kesuksesan dalam layanan. Terus tingkatkan keramahan, responsivitas, dan kualitas layanan agar setiap pengunjung merasa dihargai dan puas. Sukses layanan kita ditentukan oleh senyuman, kepedulian, dan kemauan kita untuk memberikan yang terbaik." Ujar karutan
“Saya harap Petugas Layanan untuk terus mensosialisasikan dengan jelas terkait syarat dan tata cara Layanan Kunjungan Keluarga. Kejelasan ini akan membantu menghindari potensi kesalahan dan menciptakan lingkungan layanan yang lebih tertib dan aman." Himbaunya.
Tak hanya itu, dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik di Rutan Demak, setiap pengunjung juga diarahkan untuk berbagi pengalaman melalui survei kepuasan masyarakat.